Scientific Writing Workshop: Persiapkan Dosen FBS UNP Tembus Publikasi Nasional dan Internasional

Scientific Writing Workshop FBS UNP

Menguatkan publikasi dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat hadir dalam kegiatan Scientific Writing Workshop Rabu, 27 Juli 2022. Kegiatan ini menghadirkan Ifdil, S.Hi., S.Pd., M.Pd., Ph.D., Kons., Dr. Delmira, S.Sos., M.A. dan Dr. Zadrian Ardi, S.Pd., M.Pd., Kons. yang dilaksanakan di Ruang Sidang FBS UNP.

Dalam pembukaan Wakil Dekan I FBS UNP, Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan publikasi dosen di FBS UNP. Dosen jangan terfokus memperoleh SKS mengajar sebanyak-banyaknya namun tingkatkan juga publikasi sebagai hasil penelitian sebagai bagian tridharma. UNP menyiapkan dana insentif untuk setiap publikasi internasional terindeks di Scopus maupun terindeks Sinta.

Dalam paparan narasumber, ditampilkan mengapa dosen harus menulis, tata cara menulis ilmiah oleh Ifdil, Ph.D. Ia juga memaparkan program dari LP2M terkait publikasi. Berkolaborasi antar dosen dalam menghasilkan publikasi. Sementara, Dr. Delmira memaparkan mitos publikasi internasional. Jadi tidak ada hambatan sebenarnya bagi dosen ilmu sosial untuk publikasi di Scopus. Penolakan dari jurnal hanya kesuksesan yang tertunda. Dr. Zadrian Ardi juga menyampaikan tentang teknik menulis artikel jurnal, memilih jurnal sasaran dan proses publikasi.

Kegiatan lokakarya ini dihadiri dosen-dosen selingkungan FBS UNP. Dosen terlihat antusias dan bertekat untuk mewujudkan tulisan sebagai hasil kegiatan Scientific Writing Workshop yang telah dilaksanakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *